Pengujian Sensori Produk Pangan

orlepSifat organoleptik bahan dan produk pangan merupakan hal pertama yang diperhatikan oleh konsumen, sebelum mereka menilai lebih jauh misalnya pada aspek nilai gizinya. Di industri pangan, pengujian sifat organoleptic dapat dilakukan untuk tujuan pengembangan dan pengujian mutu produk. Kesimpulan yang diperoleh dari suatu pengujian organoleptik sangat tergantung pada tahap persiapan, keterandalan panelis, sarana dan prasarana, jenis analisis organoleptik serta metode analisis data. Oleh karena
itu, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk dapat melakukan pengujian organoleptik yang baik perlu dimiliki.

Untuk dapat mencapai hal tersebut diperlukan pengetahuan dasar mengenai penerapan pengujian organoleptik, pengetahuan tentang sarana dan prasarana pengujian organoleptik, pemilihan dan pelatihan panelis, teknik pengambilan dan persiapan contoh, berbagai metode pengujian organoleptik, serta metode pengolahan dan interpretasi data hasil pengujian organoleptik.

Pelatihan Pengujian Organoleptik Bahan dan Produk Pangan yang diselenggarakan oleh Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB Bogor, menawarkan teori dan praktek untuk melakukan pengujian organoleptik dengan hasil yang dapat dipertanggung jawabkan dan sesuai dengan tujuan pengujian. Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu merancang dan melaksanakan pengujian organoleptik di tempat bekerja.

Leaflet Pelatihan Download di sini