Beranda
Berita
Learning Outcomes Magister Teknologi Pangan

Learning Outcomes Magister Teknologi Pangan

 Pendidikan / Program / Learning Outcomes / Kurikulum / Sinopsis Matakuliah / E-Learning 

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 8, kompetensi lulusan magister harus memenuhi tiga 3 (tiga) aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kemampuan di bidang kerja; (2) aspek lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai; dan (3) aspek kemampuan manajerial. Berdasarkan hal tersebut, Program Studi Magister Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagaimana berikut.

  1. Aspek kemampuan di bidang kerja. Mampu memecahkan masalah industri pangan mencakup aspek teknologi atau keamanan pangan, manajemen dan kebijakan melalui pendekatan inter- atau multidisipliner yang bertumpu pada prinsip-prinsip ilmu pangan untuk memperkuat industri pangan nasional.
  2. Aspek pengetahuan yang dikuasai. Mampu mengembangkan pengetahuan dan atau teknologi dalam bidang industri pangan untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji yang dapat meningkatkan produksi, efisiensi sistem, pengendalian mutu, dan tingkat keamanan produk pangan melalui kegiatan riset.
  3. Aspek kemampuan manajerial. Mampu mengelola riset terapan dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan industri pangan untuk menghasilkan produk pangan yang aman, bermutu, bergizi dan menyehatkan yang diakui oleh komunitas pangan nasional maupun internasional

Selanjutnya diturunkan rumusan learning outcomes untuk masing-masing kompetensi tersebut sebagai berikut:

Lingkup Kompetensi KKNI

Setelah menyelesaikan program, mahasiswa:

Aspek kemampuan di bidang kerja

  • Mampu menerapkan dan mengembangkan teknologi pangan untuk menghasilkan produk pangan yang bermutu, aman, bergizi dan menyehatkan.
  • Mampu menerapkan sistem penjaminan keamanan pangan dalam seluruh rantai pangan.
  • Mampu menganalisis, merumuskan dan mengembangkan sistem manajemen  mutakhir untuk memperkuat industri pangan.
  • Mampu menganalisis, merumuskan dan mengembangkan sistem manajemen keamanan pangan.
  • Mampu merumuskan pengembangan sistem/kebijakan dalam industri pangan untuk penyesuaian dan atau antisipasi perkembangan legislasi, peraturan dan atau standar pangan nasional maupun internasional.
  • Mampu menganalisis dan merumuskan strategi pengendalian, dan penjaminan mutu serta pengembangan produk pangan berdasarkan prinsip-prinsip teknologi dan keamanan pangan.
  • Mampu megidentifikasi dan menganalisis perkembangan mutakhir industri pangan dan mampu mengembangkan strategi dalam kerangka pengembangan industri pangan.

Aspek pengetahuan yang dikuasai

  • Menguasai prinsip-prinsip teknologi pangan untuk pengembangan industri pangan sesuai dengan perkembangan terkini.
  • Menguasai prinsip-prinsip sistem keamanan pangan untuk pengembangan industri pangan sesuai dengan perkembangan terkini.
  • Menguasai pendekatan riset terapan dan inovatif di bidang teknologi pangan atau keamanan pangan  untuk pemecahan masalah industri pangan mutakhir.

Aspek kemampuan manajerial

 

  • Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya untuk melakukan pelaksanaan dan mengevaluasi program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan di bidang teknologi pangan atau keamanan pangan.
  • Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya untuk melakukan riset dan pengembangan untuk menghasilkan produk pangan yang aman, bermutu, bergizi, dan menyehatkan.
  • Mampu melakukan diseminasi, komunikasi dan meyakinkan komunitas pangan untuk menerapkan atau mengadopsi hasil risetnya secara profesional/nasional/internasional.
  • Mampu membangun komitmen dan integritas profesional berlandaskan nilai-nilai etika.