Beranda
Berita
Deskripsi Matakuliah S1 Teknologi Pangan

Deskripsi Matakuliah S1 Teknologi Pangan

Program / Learning Outcomes / Kurikulum / Sinopsis Matakuliah / E-Learning / Silabus Matakuliah

A. MATAKULIAH PROGRAM PENDIDIKAN KOMPETENSI UMUM

IPB100 Agama Islam, 3(2-1)
Prasyarat : -
Pemahaman tetang hakikat manusia yang membutuhkan panduan hidup, baik secara individu maupun sosial dalam rangka mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Dengan memahami dirinya dan alam semesta yang telah diberi aturan oleh Penciptanya, aturan itulah yang disebut  ayat kauniyah dan tanziliyah. Ayat tanziliyah inilah yang  dirinci pada bahasan aqidah, syari’ah, akhlaq dan sejarah Islam. Penekanan utama ada pada  aplikasi ajaran tersebut pada  tingkah laku keseharian, baik yang bersumber dari Al-Qur’an maupun dari sunnah Rasulullah S.A.W.

IPB101 Agama Kristen Protestan, 3(2-1)
Prasyarat : -
Penerapan dasar dasar Iman Kristen untuk melengkapi mahasasiswa agar dapat tumbuh sebagai pribadi yang utuh dan ciptaan baru dalam Yesus Kristus. Meningkatkan tanggung jawab terhadap Allah melalui kepekaan terhadap sesama dan lingkungan hidupnya. Dengan demikian sebagai insan akademis dapat terjun ke masayarakat dengan pengabdian yang didasarkan atas pelayanan dan untuk hormat dan kemuliaan Allah.

IPB102 Agama Kristen Katolik, 3(2-1)
Prasyarat : -
Peningkatan pemahaman konsep beriman dalam gereja, hidup menggereja dan memasyarakat dalam rangka pengembangan sikap sikap dan mentalitas pribadi seorang sarjana katholik yang dapat membaktikan dirinya bagi kepentingan masyarakat Indonesia sebagai ungkapan imannya.

IPB103 Agama Hindu, 3(2-1)
Prasyarat : -
Pemahaman, penghayatan, dan pengamalan terhadap Agama Hindu, mempertebal keimanan dan keyakinan, serta meningkatkan kebhaktian kepada Ida Sang Hyang Widhi wasa (Tuhan Yang Maha Esa), sehingga mampu mengendalikan diri dalam berpikir, berbicara, dan berbuat dalam pengabdian kepada nusa, bangsa, dan negara, guna menunjang pembangunan nasional dan tercapainya tujuan hidup manusia. Untuk mencapai tujuan di atas maka pada kuliah ini dibahas materi berikut : Sejarah Perkembangan Hindu, Weda, Dasar-Dasar Kepercayaan Hindu, Teknik Untuk Mencapai Tujuan Agama, Filsafat Hindu, Etika Hindu, Yadnya, Kemasyarakatan Hindu, dan Dasar-dasar Kepemimpinan Hindu.

IPB104 Agama Budha, 3(2-1)
Prasyarat : -
Ajaran-ajaran pokok agama Budha dan penerapannya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengamalannya dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari, berbangsa dan bernegara.

IPB110 Agama Konghuchu, 3(2-1)
Prasyarat : -
Pengertian dan pemahaman intisari ajaran Agama Khonghucu yang bersifat universal agar dapat diamalkan di dalam kehidupan supaya menjadi seorang Kuncu (Berbudi Luhur), mempunyai budi pekerti luhur dan akhlak yang tinggi, mempunyai etika yang tinggi berdasarkan Cinta Kasih, Kebenaran, Susila, Bijaksana, dan dapat dipercaya yang pada akhirnya dapat menjadi masyarakat yang baik dan dapat membangun Bangsa dan Negara Indonesia.

IPB111 Pendidikan Pancasila, 2(1-1)
Prasyarat : -
Pemahaman Pancasila sebagai Nilai Dasar Negara, Sistem Ketatanegaraan republik Indonesia dengan Kajian Historis, Yuridis Filosofis, Ideologi dan Pemahaman Pancasila sebagai Paradigma Aktualisasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Bernegara. Pemahaman tentang Bangsa, Negara Hak dan Kewajiban Warga Negara, Bela Negara, Demokratisasi, Wawasan Nusantara, Hak Asasi Manusia Otonomi Daerah, Lingkungan Hidup, Ketahanan Nasional dan Politik Strategi Nasional.

IPB106 Bahasa Indonesia, 2(1-1)
Prasyarat : -
Penggunaan  Bahasa Indonesia  secara tepat. Mata kuliahini dirancang dan disusun  untuk membiasakan mahasiswa menghargai dan menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar. Topik yang dibahas: EYD; struktur kalimat; kalimat yang efektif dan logis; paragraf; jenis tulisan; korespondensi dan karya ilmiah.

BIO100 Biologi, 3(2-1)
Prasyarat : -
Basic concepts of the basis of living systems, cell and molecular biology, mitosis and meiosis, principles of genetics, developmental biology. (Topics include: chemistry, biochemistry of macromolecules, cell structure and function, photosynthesis, respiration, evolution, the diversity of life and DNA structure and replication).

MAT100 Pengantar Matematika, 3(2-1)
Prasyarat : -
Konsep logika matematika (kebenaran suatu proposisi, argumen, proposisi dengan suku pengkuantifikasi, induksi matematik), kombinatorika (hukum penggandaan, hukum penjumlahan, permutasi, dan kombinasi), matriks, sistem persamaan linear, pertidaksamaan dan nilai mutlak, fungsi dan model serta limit dan kekontinuan dengan penekanan lebih banyak pada aspek penghitungan.

FIS101 Fisika, 3(2-1)
Prasyarat : -
Basic principles of physical properties and laws (Topics include: mechanics, work and energy, fluids, thermodynamics, waves, electromagnetism, optics, relativity, and modern physics.

AGB100 Kewirausahaan, 1(1-0)
Prasyarat : -
Pengertian dan prinsip kewirausahaan, sifat dan ciri wirausahawan, pengenalan dan pengembangan kepribadian wirausaha, motivasi dan peluang berwirausaha, karakter wirausaha, gagasan berwirausaha serta perencanaan dasar usaha.

IPB108 Bahasa Inggris, 3(2-1)
Prasyarat : -
Teknik-teknik dan strategi untuk memahami suatu teks bacaan wacana berbahasa Inggris dan struktur kalimat yang terkait dengan bacaan/wacana dalam bahasa Inggris.

IPB109 Olah Raga dan Seni, 1(0-1)
Prasyarat : -
Aktualisasi seluruh potensi aktivitasnya sebagai manusia berupa sikap, tindakan dan karya yang diberi bentuk, isi dan arah menuju kebulatan pribadi sesuai cita-cita kemanusiaan. Melalui kegiatan olahraga diharapkan mahasiswa akan tumbuh dan berkembang secara sehat, dan segar jasmaninya, serta dapat berkembang kepribadiannya agar lebih harmonis, serta dapat memberikan kontribusi, terutama melalui pengalaman gerak agar secara menyeluruh  dapat tumbuh dan berkembang unsur jasmani, rohani, sosial, emosional, intelektual, moral, maupun spiritual.

IPB107 Pengantar Ilmu Pertanian, 2(2-0)
Prasyarat : -
Pemahaman dunia pertanian dalam arti luas dengan membahas berbagai topik yang berkaitan dengan ilmu-ilmu pertanian yang diawali dengan pengertian Ilmuwan dan Pengetahuan, Sains-Pertanian dan Lingkungan, Sejarah Pertanian dan Pertanian Usaha, Cuaca dan Iklim serta Unsur-Unsurnya, Iklim Indonesia, Energi dan Fotosintesis, Pangan dan Gizi, Daur Hara Kehidupan, Teknologi Pasca Panen, Pertanian Non Pangan, Agribisnis dan Agroindustri, Bioteknologi dan Hydroponics, Visi Pertanian Abad 21.

EKO100 Ekonomi dan Politik Pertanian, 3(2-1)
Prasyarat : -
Gambaran secara umum mengenai ilmu ekonomi, pelaku-pelaku eko-nomi, permintaan, penawaran, garis anggaran dan kurva indeferen, produksi dan biaya, struktur pasar, variabel kunci makroekonomi, pendapatan nasional, peru-bahan pendapatan nasional, kebijakan fiskal dan kebijakan moneter.

B. MATAKULIAH DASAR PROGRAM STUDI

KIM101 Kimia Dasar I, 3(2-1)
Prasyarat : -
Basic principles of chemical and physical properties and transformations of materials (Topics include: energy and its uses, gas laws, kinetic molecular theory, laws of chemical combination, atomic and molecular structure, periodic classification of the elements, and chemical bonding).

KIM101 Kimia Dasar II, 3(2-1)
Prasyarat : -
Principles of equilibrium and chemical change (Topics include: chemical equilibria, acid/base chemistry, and other ionic equilibria, electrochemistry, elementary chemical thermodynamics and kinetics).

MAT103 Kalkulus, 3(2-1)
Prasyarat : MAT100
Basic principles of calculus (limits, derivatives, differentiation, linear approximation, curve sketching, optimization, the chain rule for polynomials, integrals, trigonometric functions, and exponential functions).

BIO101 Mikrobiologi Dasar, 3(2-1)
Prasyarat : -
Basic principles of microorganisms (bacteria, yeasts, molds, and viruses; microbial cell structure and function, metabolism, microbial genetics, and the role of microorganisms in disease, immunity, and other selected applied areas). Basic techniques employed in the investigation of microbial activities and properties. Topics include handling, identification, and characterization of microorganisms and their activities.

STK211 Metode Statistika, 3(3-0)
Prasyarat : -
Basic principles of statistics (descriptive statistics, probability, normality, estimation, hypothesis testing, statistical inference, and confidence intervals).

KIM220 Kimia Organik, 3(2-1)
Prasyarat : KIM101
Basic nomenclature, structure, synthesis, stereochemistry, and mechanisms of organic reactions, chemistry of organic compounds. Topics include alkanes, alkenes, alkynes, aromatic compounds, alkyl halides, alcohols, ethers, aldehydes and ketones, carboxylic acids and their derivatives, phenols, amines, fats, amino acids, carbohydrates.

FST303 Penulisan Ilmiah dan Presentasi Oral, 3(2-1)
Prasyarat : FST302
Prinsip dan praktik dasar dalam menulis dan komunikasi oral Kemampuan menulis mencakup metode menulis karya ilmiah dan konstruksi esai akademik, menulis argumentasi dengan menggunakan informasi/data primer dan sekunder . Kemampuan komunikasi oral mencakup teknik mempersiapkan mempersiapkan presentasi oral (pemilihan dan pengorganisasian bahan presentasi, teknik presentasi yang menarik, dan teknik menjawab dalam sesi diskusi).

.

C.  MATAKULIAH INTI PROGRAM STUDI

FST100 Pengantar Teknologi Pangan, 2(2-0)
Prasyarat : -
Gambaran umum lingkup ilmu dan teknologi pangan, dan aplikasinya di industri pangan. Mengenal bahan pangan (pengelompokan, komposisi, faktor penyebab kerusakan). Pengertian mutu dan keamanan pangan, teknologi pengawetan dan pengolahan pangan (suhu dingin dan suhu rendah) dan aplikasinya di industri pangan. Kaitan antara ilmu sains dasar dengan bidang ilmu dan teknologi pangan. Pentingnya etika profesi dan soft skills di bidang karir teknologi pangan, dan dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Peran teknologi pangan dalam mening-katan rantai nilai dan nilai tambah hasil pertanian. Kompetensi dan keprofesian teknologi pangan.

ITP210 Kimia Pangan, 3(3-0)
Prasyarat: KIM101
Prinsip kimiawi komponen bahan pangan, baik komponen makro (air, lemak, karbohidrat, protein dan enzim), maupun mikro (vitamin, mineral, pigmen, flavor, bahan tambahan pangan, dan senyawa/komponen toksik), yang mencakup komposisi, struktur, dan reaksi kimia yang melibatkan komponen bahan pangan selama pengolahan, penanganan dan penyimpanan.

FST240 Biokimia Pangan Dasar, 3(3-0)
Prasyarat: KIM101
Basic concepts of biochemical structure-function relationships, reactivity, and thermodynamics. Topics include biological structures, enzymes, membranes, energy production, carbohydrate, lipid, and amino acid metabolism, signal transduction, transport across membranes, DNA replication and repair, transcription and translation, molecular motors, mechanisms of drug action, and the biosynthesis of natural products, biofuels, and biomaterials.

FST200 Praktikum Kimia dan Biokimia Pangan, 2(0-2)
Prasyarat: KIM101
Praktek di laboratorium untuk mengetahui struktur makromolekul, teknik ekstraksi dan pemisahan komponen bahan pangan, identifikasi sifat fungsional komponen pangan (karbohidrat, protein, lemak, dan komponen mikro), pengaruh pengolahan terhadap komponen pangan, kerja enzim dan kinetika.

FST220 Mikrobiologi Pangan, 2(2-0)
Prasyarat: BIO101
Petumbuhan mikroba, faktor-faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba dalam bahan pangan, prinsip perhitungan mikroba dalam bahan pangan. Prinsip proses fermentasi dan peran mikroba yang menguntungkan untuk pangan. Peran mikroba dalam kerusakan mikrobiologis berbagai jenis bahan pangan dan hasil olahannya serta mikroba patogen di dalam bahan pangan dan penyakit yang diakibatkan oleh patogen serta prinsip untuk mengendalikan mikroba tersebut

FST221 Praktikum Mikrobiologi Pangan, 2(0-2)
Prasyarat: BIO101
Praktek di laboratorium tentang teknik umum dan standar yang digunakan pada uji mikrobiologi, pengawetan kultur, metode penghitungan mikroorganisme, analisis kecukupan sanitasi dan analisis bakteri patogen, fermentasi pangan tradi-sional maupun untuk menghasilkan produk mikroorganisme (enzim dsb). Pada akhir praktikum dilakukan ujian teori praktikum dan ujian praktek. Dua dari beberapa materi ujian praktek yaitu kerja aseptik dan penggunaan mikroskop digunakan untuk menentukan standarized test yang merupakan kompetensi dasar dalam praktek mikrobiologi.

FST222 Teknologi Fermentasi Pangan, 2(2-0)
Prasyarat: FST220
Pemanfaatan mikroorganisme dalam teknologi fermentasi/bioteknologi yang mencakup cara isolasi, pemuliaan galur, pengawetan kultur, genetika dan regulasi, teknik fermentasi serta kinetika fermentasi serta beberapa contoh aplikasi prinsip fermentasi yang mencakup teknologi fermentasi alkohol, asam asetat, asam laktat, fermentasi bahan tambahan pangan, dan fermentasi biomassa.

FST320 Keamanan dan Sanitasi Pangan, 2(2-0)
Prasyarat: FST220
Pengertian keamanan pangan ditinjau dari bahaya mikrobiologis, kimia dan fisik dalam hubungannya dengan kasus keracunan pangan, di Indonesia dan di dunia; GMP dan SSOP sebagai prasyarat penjaminan keamanan pangan dan HACCP sebagai pendekatan mutakhir dalam pengendalian keamanan pangan; prinsip sanitasi industri pangan yang meliputi bahan pembersih dan sanitaiser, sanitasi bahan mentah, sanitasi pengolahan pangan, sanitasi pekerja, sanitasi hama (tikus dan serangga), sanitasi air, sanitasi peralatan dan ruang pengolahan; pengujian kecukupan sanitasi; mikroba indikator sanitasi; penanganan limbah.

FST230 Rekayasa Pangan I, 3(2-1)
Prasyarat: FIS101
Dasar rekayasa pangan (kesetimbangan massa, pengenalan layout bangunan pabrik pangan dan fasilitas penunjangnya(layout pabrik, air, steam generator, penanganan limbah air, reactor) dan pengenalan unit operasi di industri pangan, khususnya prinsip peralatan proses untuk persiapan bahan (pembersihan, sortasi, grading, pengecilan ukuran, ekstraksi), kristastalisasi, pencampuran, dan emulsifikasi.

FST231 Rekayasa Pangan II, 3(2-1)
Prasyarat: FIS101
Dasar rekayasa pangan (kesetimbangan energi, pindah panas), unit operasi dan perhitungannya (sistem refrigerasi dan pembekuan, dehidrasi, psychometric, evaporasi dan konsentrasi), dan penerapannya di industri pangan.

FST232 Evaluasi Sensori, 3(2-1)
Prasyarat: FST100
Penggunaan kemampuan indra manusia untuk mengukur/mengobservasi sifat dan akseptabilitas pangan dan aplikasinya dalam pengawasan mutu dan penelitian yang meliputi pengenalan sifat organoleptik, mekanisme penginderaan, panca indra dan rangsangan, manusia sebagai panelis, laboratorium organoleptik, penyajian dan persiapan uji, pemilihan metode uji, dan pengolahan data uji organoleptik. Praktek di laboratorium memberikan pengetahuan praktis tentang prinsip uji sensori.

FST300 Analisis Pangan, 3(3-0)
Prasyarat: FST210
Penggunaan teknik analisis kimia, mikrobiologi, dan fisik untuk karakterisasi bahan dan produk pangan. Analisis kimia mecakup analisis komposisi bahan pangan yang meliputi analisis air, abu, karbohidrat, protein, lemak, dan serat kasar/serat makanan; serta prinsip metode analisis dengan kromatografi dan spektroskopi. Analisis mikrobiologi mencakup berbagai metode standar dalam uji kuantitatif maupun kualitatif mikroorganisme dalam bahan pangan, termasuk metode cepat dalam penentuan jenis maupun jumlah mikroorganisme; serta beberapa teknik pengujian spesifik/karakteristik mikroorganisme yang penting dalam industri pangan seperti untuk probiotik, penghasil enzim, serta analisis kriteria mutu dan keamanan mikrobiologis pangan. Analisis fisik mencakup metode ana-lisis fisik pangan, seperti sifat reologi, tekstur, warna, dan parameter fisik lainnya.

FST301 Praktikum Analisis Pangan, 2(0-2)
Prasyarat: FST210
Praktek di laboratrorium tentang teknik analisis kimia, mikrobiologi dan fisik. Teknik analisis kimia pangan mencakup analisis proksimat (air, abu, protein, lemak, karbohidrat), vitamin dan mineral dengan berbagai metode, serta penge-nalan analisis menggunakan instrumen. Teknik analisis fisik pangan mencakup analisis tekstur, warna, dan sifat reologi pangan dengan menggunakan beberapa instrumen analisis. Teknik analisis mikrobiologi pangan mencakup uji mikrobio-logis pangan nabati dan hewani, uji dan identifikasi bakteri enteropatogenik, dan analisis produk tepung dan produk makanan kaleng.

FST302 Rancangan Percobaan dan Analisis Data Pangan, 3(2-1)
Prasyarat : STK211
Aplikasi perancangan percobaan, pengolahan, penyajian dan interpretasi data dalam bidang pangan. Perancangan percobaan mencakup Rancangan Acak Lengkap, Rancangan Acak Kelompok; Rancangan Faktorial, proses optimasi dan pemodelan matematika dengan program statistika, dan survei lapang. Pengolahan data mencakup analisis statistika dasar (data deskriptif dan inferensia) dengan memanfaatkan perangkat lunak program spread sheet dan statistika. Penyajian data mencakup teknik mengolah data dalam bentuk tabel, grafik, chart, serta interpretasinya.

FST241 Metabolisme Komponen Pangan, 3(3-0)
Prasyarat: FST240
Basic principles of nutritive value of foods and metabolism of essential nutrients. Topics include: description, digestion, absorption, metabolism, interactions and functions of nutrients, nutrient and energy requirements, and nutrient deficiencies.

FST310 Bahan Tambahan Pangan, 2(2-0)
Prasyarat: FST210
Jenis dan fungsi bahan tambahan pangan (food aditive), seluk beluk cara penggunaan, pengembangan produk, dan memberi gambaran tentang peraturan penggunaan bahan tambahan pangan. Juga dibahas tentang perkembangan tekno-logi flavor dan aplikasinya di industri pangan, serta jenis dan fungsi bahan penolong (food processing aid).

FST201 Peraturan Pangan, 2(2-0)
Prasyarat: FTP100
Peranan peraturan pangan baik pada tingkat nasional maupun interna-sional dalam melindungi konsumen dan produsen pangan; proses penetapan suatu regulasi pangan dan penerapannya, termasuk lembaga pelaksana penetap kebi-jakan dan pelaksana yang terkait; penerapan perundangan, kebutuhan dan pilihan peraturan pangan yang digunakan oleh negara dan badan internasional (seperti Codex Alimentarius Commission) pada aspek keamanan pangan, mutu dan gizi pangan, kehalalan dan pelabelan; serta penerapan perundangan pangan di masya-rakat baik untuk ekspor, konsumsi dalam negeri maupun impor.

FST330 Rekayasa Pangan III, 3(3-0)
Prasyarat: -
Dasar rekayasa pangan (kinetika pembunuhan mikroba, karakteristik bahan fluida dan sifat aliran bahan), prinsip proses termal pada sistem batch (in-container) dan kontinyu (aseptic process), serta evaluasi kecukupan prosesnya, dan non-termal process (irradiasi, pulsed electric field (PEF), high pressure processing (HPP), serta aplikasinya di industri pangan.

FST331Teknologi Pengolahan Pangan I, 4(4-0)
Prasyarat: FST230
Prinsip proses pengolahan pangan, mulai dari pengenalan karakteristik bahan pangan dari sumber pangan nabati (serealia, umb-umbian, kacang-kacangan, buah dan sayur, minyak dan lemak, gula, bahan penyegar, dan rempah-rempah), dan proses pengolahan menjadi bahan baku intermediet/ingredient (seperti tepung atau pati), dan pengolahan pangan yang utama (seperti bakeri, produk pasta, dan minyak/lemak nabati). Contoh aplikasi pengolahan bahan pangan nabati di industri pangan juga dibahas.

FST332 Teknologi Pengemasan dan Penyimpanan Pangan, 2(2-0)
Prasyarat: FST231
Jenis kemasan, interaksi bahan pangan dan kemasan, berbagai teknik pengemasan, prinsip penentuan umur simpan produk pangan (metode pengujian umur simpan yang dipercepat), dan promosi melalui estetika desain kemasan; fungsi dan peranan penyimpanan pangan, kerusakan, kehilangan dan karakteristik hidratasi dalam ekosistem pangan dan lingkungannya, serta faktor penyimpanan pangan. Membahas hama pascapanen (serangga dan tikus), mendeteksi serangan hama, serta pengendalian hama secara terpadu; kontaminasi jasad renik dan mikotoksin, serta berbagai teknik penyimpanan komoditi pertanian dan pangan olahan.

FST333 Teknologi Pengolahan Pangan II, 2(2-2)
Prasyarat: FST230
Prinsip prosep pengolahan pangan, mulai dari pengenalan karakteristik bahan pangan dari sumber pangan hewani (daging, unggas, susu, telur dan ikan), dan proses pengolahan menjadi bahan baku intermediet/ingredient (seperti tepung ikan), dan pengolahan pangan yang utama (seperti sosis, bakso, nugget, dsb). Contoh aplikasi pengolahan bahan pangan hewani di industri pangan juga dibahas.

FST334 Jaminan Mutu Pangan, 3(2-1)
Prasyarat: FST211
Konsep dasar dan seluruh aspek mutu serta aplikasi teknologi dalam standar dan spesifikasi, pengendalian dan jaminan mutu pangan. Pengenalan konsep sistem jaminan mutu dengan penekanan pada Sistem Manajemen Mutu (TQM dan ISO 22000) dan Sistem Jaminan Halal. Kegiatan praktikum mencakup penerapan konsep standar dan spesifikasi, teknik pemeriksaan, pengujian, pengen-dalian dan perbaikan mutu pangan yang dikaitkan dengan biaya mutu dan kebijakan manajemen perusahaan tentang penerapan Total Quality Management (TQM).

FST335 Sistem Jaminan Halal, 2(2-0)
Prasyarat: FST331     
Prinsip halal dan aplikasi produksi pangan halal di dunia industri  dengan berpedoman pada hukum dasar agama Islam mengenai halal haram dan regulasi halal yang berlaku ditingkat nasional maupun internasional (Hukum agama, UU pangan no. 18/2012, PP 69/1999, dan CODEX CAG 24/1997), serta prinsip sistem jaminan halal dan aplikasinya di industri pangan.

FST340 Evaluasi Biologis Komponen Pangan, 3(2-1)
Prasyarat: FST241
Ketersediaan hayati (bioavailabilitas) zat gizi, dan senyawa lain dalam bahan pangan yang mempunyai aktivitas biologis. Pembahasan dititikberatkan pada faktor yang berpengaruh terhadap mutu gizi pangan (senyawa antinutrisi, penanganan, pengolahan, nutrifikasi, dll), mekanisme reaksi dan metodologi evaluasi baik secara in vitro maupun in vivo.

FST341 Pangan Fungsional, 3(3-0)
Prasyarat: FST241
Khasiat berbagai makanan dan minuman, baik segar maupun olahan terhadap kesehatan. Adapun aspek yang akan dicakup antara lain: hubungan antara pangan, gizi dan kesehatan; khasiat komponen pangan (zat gizi dan komponen bioaktif) dan caranya dalam mencegah gangguan kesehatan; produk makanan dan minuman sebagai pangan fungsional; prinsip pengolahan dan anali-sis produk pangan fungsional; serta teknologi pengembangan pangan fungsional termasuk teknologi fortifikasi dan suplementasi pangan.

FST304 Inovasi Pangan, 3(0-3)
Prasyarat: FST331
Pengalaman praktis (hands-on experience) kepada mahasiswa dalam mengintegrasi-kan prinsip ilmu dan teknologi pangan dalam pengelolaan model industri pangan, baik dari aspek teknis (pengembangan produk, proses produksi, pengendalian mutu; penerapan peraturan pangan, sistem keamanan dan mutu pangan, dan sanitasi dan higiene), aspek manajerial (manajemen organisasi dan keuangan, pemasaran, dan perencanaan bisnis), dan soft skills (bekerja dalam tim, kepemimpinan, berfikir kritis dan analitis, pemecahan masalah, dan pengambilan kepu-tusan), etika dan profesionalisme).

FST420 HACCP untuk Pengendalian Keamanan Pangan, 2(2-0), 1
Prasyarat: FST304
Prinsip, filosofi dan aplikasi HACCP sebagai alat pendalian keamanan pangan di industri pangan, serta tahapan penyusunan dokumen HACCP. Praktek penyusunan dokumen HACCP dilakukan melalui pendekatan pembelajaran student centered learning (SCL).

FST400 Pengenalan Industri Pangan, 2(0-2)
Prasyarat: FST100
Memberikan pengalaman lapang kepada mahasiswa dalam meng-gali dan mene-rapkan ilmu dan teknologi pangan di industri pangan (industri kecil, menengah atau besar) atau mengikuti kuliah umum dari pelaku industri pangan.

FST498 Seminar, 1 kredit
Prasyarat: Minimum telah menyelesaikan 110 kredit
Seminar wajib diambil oleh mahasiswa tingkat akhir pada semester 8. Seminar ini bertujuan untuk menambah wawasan mahasiswa di bidang ilmu dan teknologi pangan, dan meningkatkan kemampuan menulis dan komunikasi secara oral. Setiap mahasiswa harus memberikan satu sekali seminar dan menghadiri 8 kali seminar mahasiswa lain. Mahasiswa dapat memilih topik seminar yang berkaitan dengan topik terkini di bidang ilmu dan teknologi pangan, proposal penelitian dan/kemajuan hasil penelitian, atau magang.

FTP400 Kuliah Kerja Nyata Tematik, 3 kredit
Prasyarat: Semester 7
Memberikan pembelajaran kepada mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di tengah masyarakat sekaligus turut serta menangani permasalahan di lapangan. Tahapan kegiatan meliputi kuliah pembekalan, orientasi lapangan, perencanaan kegiatan,  pelaksanaan kegiatan, evaluasi tengah kegiatan, evaluasi akhir kegiatan, lokakarya hasil, dan pelaporan kegiatan.

FST499 Tugas Akhir Penelitian (Opsi I), 6 kredit
Prasyarat: Minimum telah menyelesaikan 110 kredit
Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan menyelesaikan tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Salah satu alternatif yang dapat dipilih adalah penelitian. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk meningkatkan kemampuan teknis dalam bentuk penelitian bidang teknologi pangan sesuai minat mahasiswa. Mahasiswa menyelesaikan proyek penelitian ini selama 40 jam per kredit atau sekitar 240 jam (setara dengan 6 SKS) yang mencakup kegiatan telaah pustaka, penulisan proposal, mendisain penelitian, melaksanakan penelitian, analisis data, penulisan laporan, dan ujian oral. Setiap mahasiswa menyelesaikan proyek penelitian ini di bawah bimbingan dosen pembimbing.

FST499 Tugas Akhir Magang (Opsi II), 6 kredit
Prasyarat: Minimum telah menyelesaikan 110 kredit
Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan menyelesaikan tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Salah satu alternatif yang dapat dipilih adalah magang. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk meningkatkan kemampuan teknis dalam bentuk magang di industri pangan atau instansi pemerintah yang terkait bidang pangan, sesuai minat mahasiswa. Mahasiswa menyelesaikan magang ini selama 40 jam per kredit atau sekitar 240 jam (setara dengan 6 SKS) yang mencakup kegiatan telaah pustaka, penulisan proposal, melaksanakan kegiatan magang, penulisan laporan, dan ujian oral.

D. MATAKULIAH PILIHAN/PENGAYAAN

FST401 Pengembangan Kecakapan Hidup, 2(0-2)
Prasyarat: FST100
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatan kemampuan kecakapan hidup melalui berbagai kegiatan kompetisi ilmiah atau partisipasi dalam kegiatan ilmiah sebagai pemateri selama studi di program studi. Waktu yang dialokasikan untuk kegiatan pengembangan diri tersebut dikonversi menjadi kredit (sebagai akumulasi dari berbagai kegiatan). Matakuliah ini bersifat pilihan yang dapat diambil oleh mahasiswa sebagai akumulasi kegiatan selama studi di program studi.

FST311 Teknologi Flavor, 2(2-0)
Prasyarat: ITP210
Membahas konsep dasar teknologi flavor dan peranan perisa dalam bahan pangan. Pokok bahasan meliputi sumber, klasifikasi flavor dan jenis flavor; pembuatan flavor; penanganan bahan dan produksi  perisa; teknologi flavor di industri; fla-vorist dan kreasi flavor; teknologi HVP dan yeast ekstrak; teknologi MSG, IMP/ GMP; aplikasi perisa, cara pengujian dan pengendalian mutu; aplikasi dan perkembangan terbaru flavor.

FST312 Teknologi Pengolahan Minyak dan Lemak Pangan, 2(2-0)
Prasyarat: ITP210, ITP231       
Membahas sifat fisikokimia minyak dan lemak, reaksi yang terkait dengan minyak dan lemak, serta proses pengolahan minyak dan lemak yang mencakup proses ekstraksi dari sumbernya, proses pemurnian, dan pengolahan lanjut (minyak makan, emulsi, confectionary, dan emulsifaier).

FST342 Teknologi Fortifikasi Pangan, 2(2-0)
Prasyarat: ITP240     
Membahas tujuan dan kebijakan program fortifikasi, prinsip dasar fortifikasi, aspek-aspek yang dipertimbangkan dalam pemilihan jenis senyawa fortifikan maupun pangan pembawanya (food vehicle), aspek teknik fortifikasi,  fortifikasi zat gizi dan non gizi, aspek legislasi dan regulasi. Dalam mata kuliah ini juga akan dibahas mengenai beberapa program fortifikasi di Indonesia dan di negara lain.