Beranda
Berita
Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi: Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Institut Pertanian Bogor (IPB) telah merumuskan visinya untuk “Menjadi institusi pendidikan tinggi ilmu dan teknologi pangan yang unggul di tingkat global dalam bidang biosains tropika”. Visi Departemen ITP selaras dengan visi IPB, yaitu “Menjadi terdepan dalam memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan tinggi unggul pada tingkat global di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika”

Misi: Visi Departemen ITP mencerminkan cita-cita Departemen untuk menjadi “leader” di dalam pengembangan ilmu dan teknologi pangan di Indonesia melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Visi tersebut dijabarkan lagi menjadi misi Departemen ITP, yaitu

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu dan teknologi pangan pada jenjang sarjana, magister dan doktor secara bermutu, efektif dan efisien dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing global;
  2. Melaksanakan riset yang bermanfaat dalam pengembangan ilmu dan teknologi pangan dengan keunggulan dalam bidang biosains tropika, yang dapat diterapkan di masyarakat dan industri pangan.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian untuk memberikan solusi terhadap permasalahan dan tantangan di masyarakat..

Tujuan: Dalam melaksanakan visi dan misinya, maka Departemen ITP memiliki tujuan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana, magister dan doktor di bidang ilmu dan teknologi pangan yang kompeten dan berdaya saing global.
  2. Menghasilkan riset dasar dan terapan untuk mendu-kung kebijakan pangan nasional, pengembangan industri pangan, serta kemajuan bidang ilmu dan tek-nologi pangan dengan keunggulan di bidang biosains tropika.
  3. Menerapkan ilmu dan teknologi pangan melalui kegi-atan pengabdian dalam memberikan solusi terhadap permasalahan dan tantangan di masyarakat..

Mandat Keilmuan: Dalam menjalankan visi dan misinya tersebut, Departemen ITP konsisten dengan mandat pengembangan keilmuan yang telah ditetapkan melalui SK Rektor Nomor 001/K13/PP/2005, yaitu dalam hal “Pengembangan ilmu dan teknologi pangan, meliputi kimia, mikrobiologi, rekayasa proses, analisis, mutu dan keamanan pangan”. Berdasarkan mandat tersebut, Departmen ITP mengelola program pendidikan multi strata, yaitu Program Studi Teknologi Pangan (S1), Program Studi Ilmu Pangan (S2 dan S3) dan Program Magister Teknologi Pangan (S2).