Beranda
Berita
Tentang Departemen

Tentang Departemen

Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) – Institut Pertanian Bogor (IPB) didirikan pada tahun 1981. Departemen ITP sebelumnya adalah salah satu Program Studi di bawah Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP), Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian (FATEMETA) yang berdiri sejak 3 Oktober 1964. Pada tahun 1981, nama FATEMETA diubah menjadi Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) dan Jurusan THP dikembangkan menjadi dua Departemen, yaitu Departemen Teknologi Pangan dan Gizi (TPG) dan Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN).

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 001/K13.6/PP/2005, Departemen Teknologi Pangan dan Gizi berubah nama menjadi Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) dengan mandat mengembangkan keilmuan dan teknologi pangan yang meliputi kimia, mikrobiologi, rekayasa proses, analisis, mutu dan keamanan pangan. Sesuai mandat tersebut, Departemen ITP mengampu empat program studi multistrata, yaitu : (1) Program Studi Teknologi Pangan (S1), (2) Program Studi Ilmu Pangan (S2), (3) Program Studi Magister Teknologi Pangan (S2), dan (4) Program Studi Ilmu Pangan (S3).

Departemen ITP didukung oleh tenaga dosen dan tenaga kependidikan yang mencukupi. Saat ini jumlah dosen di Departemen ITP berjumlah 53 orang dengan komposisi 9 orang bergelar Master, dan 44 orang bergelar doktor. Di antara staf pengajar yang bergelar doktor, 16 orang adalah profesor dan 3 orang adalah Profesor Emeritus.

Untuk dapat memenuhi standar pendidikan yang memadai dan mencukupi, maka berbagai sumber pendanaan untuk penyediaan fasilitas dan pengembangan departemen menjadi sangat penting. Dalam kurun waktu tahun 1999-2012, Departemen ITP memperoleh dukungan pendanaan dari berbagai hibah kompetisi yang disediakan oleh pemerintah, yaitu Quality for Undergraduate Education (QUE) Project (1999-2003), Program Hibah Kompetisi B (2004-2006), Proram Hibah Kompetisi Institusi (2008-2010), dan IMHERE (2010-2012). Di samping itu, pendanaan berasal dari kerjasama dengan swasta dan instansi pemerintah untuk juga cukup berkontribusi dalam pengembangan departemen.

Departemen ITP memiliki jejaring yang kuat dengan instansi pemerintah (seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Badan POM dan pemerintah daerah) dan industri pangan. Jejaring yang dibangun di antaranya untuk pelaksanaan penelitian tugas akhir mahasiswa, magang dan kerjasama penelitian yang dapat melibatkan mahasiswa Departemen ITP. Departemen ITP juga memperkuat jejaring kerjasama dengan himpunan profesi, seperti Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI), Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia (PERMI), Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI). Di samping itu, Departemen ITP juga memiliki jejaring internasional dalam penyelenggaraan pendidikan dan penelitian, seperti Mae Fah Luang University (Thailand), University of Prince Songkla (Thailand),  Universiti Putra Malaysia, Universiti Teknologi Mara, Universiti Sains Malaysia, Nong Lam University (Vietnam), Kassertsart University (Thailand), National University of Singapore, Texas A&M University (AS), Boku University (Austria), Curtin University (Australia), Tokyo University of Agriculture and Technology (Japan), Tsukuba University (Japan), Sophia University (Japan), and Ibaraki University (Japan).