Beranda
Berita
Program Sarjana Teknologi Pangan

Program Sarjana Teknologi Pangan

Program / Learning Outcomes / Kurikulum / Sinopsis Matakuliah / E-Learning / Silabus Matakuliah

Program Studi Teknologi Pangan (PSTP-IPB) merupakan program pendidikan sarjana yang dikelola oleh Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA), Institut Pertanian Bogor (IPB). PSTP berdiri pada tahun 1981 dan menjadi program pendidikan tinggi teknologi pangan yang tertua di Indonesia. PSTP dirancang untuk menghasilkan sumberdaya manusia unggul yang mampu mengolah hasil-hasil pertanian menjadi produk pangan bernilai tambah yang bermutu dan aman dengan berdasarkan pada prinsip ilmu pangan (kimia dan analisis pangan, mikrobiologi dan keamanan pangan, rekayasa dan proses pengolahan pangan, biokimia pangan dan gizi). 

Akreditasi Nasional dan Internasional
PSTP terakreditasi A oleh BAN-PT dengan skor 390 dari total skor 400. PSTP terakreditasi internasional oleh asosiasi profesi teknologi pangan terkemuka di dunia, yaitu Institute of Food Technologists (IFT) Amerika Serikat tahun 2010 dan International Union of Food Science and Technology (IUFoST) tahun 2013. 

Lapangan Kerja
Data survey menunjukkan bahwa sebagian besar lulusan PSTP (80%) bekerja di industri pangan nasional dan multinasional baik di dalam dan luar negeri. Posisi pekerjaan awal dari lulusan umumnya sebagai staf atau supervisor di divisi pengadaan (procurement), produksi, perancangan proses, R&D, QC, sistem jaminan mutu dan keamanan pangan, standar dan regulasi, pemasaran, dsb. Di antara lulusan ada yang menjadi wirausahawan atau melanjutkan studi di program magister di dalam dan luar negeri dan setelah lulus menjadi tenaga pengajar di universitas atau peneliti di lembaga-lembaga penelitian/swasta. Fasilitas Pendidikan

Penyelenggaraan pendidikan PSTP didukung dengan fasilitas pendidikan yang memadai, ruang kuliah yang nyaman, laboratorium (kimia, biokimia, mikrobiologi, pengolahan, sensori, dan instrumentasi), dan pilot plant proses pengolahan pangan yang terdapat di F-Technopark dan SEAFAST Center. Dengan fasilitas pilot plant yang tersedia, mahasiswa dapat mempraktekkan cara mengelola model industri pangan secara mandiri melalui Praktikum Terpadu Pengolahan Pangan (ITP401). 

Peluang Beasiswa
Mahasiswa memiliki peluang untuk memperoleh beasiswa dari berbagai sumber, seperti beasiswa Bidikmisi (Kemendikbud), Beasiswa Utusan Daerah (BUD), beasiswa dari alumni dan industri pangan, dsb. 

Pembinaan Soft Skills
Di samping mengikuti kegiatan akademik, mahasiswa juga dibina untuk meningkatkan kemampuan soft skills (kemampuan komunikasi, kepemimpinan dan organisasi, bekerjasama dalam tim, dsb) melalui berbagai kegiatan ko- dan ekstra-kurikuler. Mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional dan internasional, seperti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kemendikbud, Developing Solution for Developing Countries (DSDC) Competition oleh IFT di Amerika Serikat, Food Bowl Quiz(ASEAN), Debate Competition, national student paper competition, dsb. Setelah lulus, mahasiswa akan memperoleh Transkrip Ko- dan Ekstra-kurikuler yang dikeluarkan oleh Departemen ITP. 

Program Pertukaran Mahasiswa
Mahasiswa semester 6 atau lebih berkesempatan untuk mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa (ASEAN International Mobility for Students) minimal 1 semester dalam rangka credit earning activity di beberapa univesitas di luar negeri, seperti Universiti Putra Malaysia, Universiti Teknologi Mara, Universiti Sain Malaysia, Mae Fah Luang University, Kassertsart University, Prince Sonkla University, Nong Lam University, Ryukyu Universitity, dsb. 

Dosen PSTP memiliki 41 orang dosen tetap yang bergelar Doktor (88%) dan Magister (12%). Dosen adalah lulusan dari universitas di dalam negeri (IPB) dan luar negeri (Amerika Serikat, Australia, Jepang, Jerman, Perancis, Malaysia, Belanda, Inggris, dan Taiwan). Bidang keahlian dosen dikelompokkan menjadi bidang keahlian kimia pangan, mikrobiologi pangan, rekayasa proses pangan dan biokimia pangan.