Beranda
Berita
Program Pendidikan

Program Pendidikan

Pendidikan / Teknologi Pangan S1 / Teknologi Pangan S2 / Ilmu Pangan S2 / Ilmu Pangan S3

Ilmu pangan (food science) adalah suatu disiplin ilmu yang menerapkan dasar-dasar biologi, fisika, kimia dan keteknikan dalam mempelajari sifat-sifat bahan pangan, penyebab kerusakan bahan pangan dan prinsip-prinsip yang mendasari suatu pengolahan dan pengawetan pangan. Teknologi pangan (food technology) adalah suatu bidang keahlian dan bidang profesi yang mencakup aplikasi ilmu dasar antara lain kimia, fisika dan mikrobiologi, serta prinsip-prinsip keteknikan (engineering), ekonomi dan manajemen pada seluruh mata rantai penanganan bahan pangan mulai dari tahap pemanenan sampai menjadi hidangan (from farm to table), yang meliputi aspek-aspek pengembangan pangan baru, penanganan bahan baku, pengolahan, pengawetan, penyimpanan dan pengemasan, distribusi dan pemasaran, pemanfaatan (aseptabilitas dan nilai gizi) dan kesehatan masyarakat agar bahan pangan dapat digunakan seefisien mungkin untuk kesejahteraan umat manusia. Dengan demikian, ilmu pangan adalah disiplin yang luas yang mengandung di dalamnya banyak spesialisasi seperti pangan mikrobiologi, rekayasa pangan, kimia dan biokimia pangan.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Nomor 001/K13.6/PP/2005, Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) memiliki mandat keilmuan dalam mengembangkan ilmu dan teknologi pangan, meliputi kimia, mikrobiologi, rekayasa proses, analisis, mutu dan keamanan pangan. Berdasarkan mandat tersebut, ITP menawarkan program pendidikan Sarjana Teknologi Pangan, Magister dan Doktor dalam Ilmu Pangan, dan Magister Teknologi Pangan.

Program Sarjana Teknologi Pangan
Program Sarjana Teknologi Pangan dirancang untuk menghasilkan lulusan teknologi pangan yang profesional dan siap untuk terlibat dalam semua aspek produksi, pengolahan dan manajemen dalam industri pangan dan sektor terkait pangan lainnya, termasuk kewirausahaan. Berdasarkan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Program Studi Teknologi Pangan memperoleh akreditasi A dengan skor 390 yang merupakan tertinggi di Indonesia. Kurikulum pendidikan dirancang untuk memenuhi kompetensi inti minimum yang direkomendasikan oleh Institute of Food Technologists (IFT), yang meliputi kimia pangan dan analisis, keamanan pangan dan mikrobiologi, pengolahan pangan dan rekayasa, biokimia pangan dan gizi, ilmu pangan terapan dan kecakapan hidup (profesionalisme, kemampuan untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah, berinteraksi, berorganisasi dan berkomunikasi). Kurikulum pendidikan telah memenuhi Standar kompetensi yang direkomendasikan oleh IFT. Pada 21 Juli 2010 yang Program Studi Teknologi Pangan telah memperoleh pengakuan dari IFT sebagai program studi pertama di luar Amerika Utara yang memenuhi standar IFT.

Mulai Tahun Ajaran 2018/2019, Departemen Ilmu dan Teknologi membuka Kelas Internasional yang diperuntukan bagi mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia. Kelas Internasional ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, dan diselenggarakan secara terpisah dari Kelas Reguler. Proses seleksi mahasiswa Kelas Internasional melalui Jalur Ujian Talenta Mandiri IPB (UTMI).

Program Magister Teknologi Pangan
Program Magister Teknologi Pangan telah dibuka sejak tahun 2004. Program studi ini didirikan untuk menjawab kebutuhan para praktisi di industri pangan dan lembaga pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan mereka di bidang ilmu dan teknologi pangan. Para lulusan memiliki kompetensi dan profesional dalam mengelola proses produk pangan yang bermutu dan aman. Mahasiswa yang mengikuti Program Master Teknologi Pangan umumnya adalah praktisi di industri pangan atau lembaga pemerintah yang telah memiliki pengalaman minimal dua tahun. Berdasarkan hasil penilaian dan verifikasi dari BAN-PT pada tahun 2011, Program Magister Ilmu Pangan dan Program Doktor Ilmu Pangan memperoleh peringkat akreditasi A.

Program Magister dan Program Doktor dalam Ilmu Pangan
Program Studi Ilmu Pangan adalah salah satu program pasca sarjana di Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berdiri sejak tahun 1975 dan saat ini menyelenggarakan program pendidikan pasca sarjana Strata-2 (Magister Sains) dan Strata-3 (Doktor). Berdasarkan hasil penilaian dan verifikasi dari BAN-PT, Program Magister Ilmu Pangan dan Program Doktor Ilmu Pangan memperoleh peringkat akreditasi A.