Beranda
Berita
Program Pelatihan untuk Industri Pangan

Program Pelatihan untuk Industri Pangan

Program / Proses Termal / Umur Simpan / Evaluasi Sensori / R&D / ISO 2000

Pelatihan Proses Termal untuk Industri Pangan
Pelatihan proses termal ditujukan untuk memberikan pengetahuan kepada praktisi di industri pangan, khususnya industri makanan kaleng, untuk merancang proses pengalengan yang sesuai dengan standar keamanan pangan. Prinsip-prinsip proses pengalengan, untuk disain proses pasteurisasi dan sterilisasi komersial baik sistem batch maupun aseptic processing dicakup dalam pelatihan ini. Materi pelatihan juga mencakup prinsip sanitasi dan higiene di industri makanan kaleng, mikrobiologi makanan kaleng, evaluasi kecukupan proses termal mulai dari pengukuran distribusi panas dan penetrasi panas, perhitungan kecukupan proses termal, faktor-faktor kritis dalam proses makanan kaleng, dan prosedur registrasi makanan kaleng ke FDA.

Pelatihan Penenentuan Umur Simpan Produk Pangan
Pelatihan penentuan umur simpan produk pangan ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan latihan praktek kepada praktisi di industri pangan dalam memahami dan menentukan umur simpan produk pangan. Materi pelatihan mencakup pengetahuan umur simpan, penyebab kerusakan pangan, metode penentuan umur simpan produk pangan dengan metode akselerasi (metode Arrhenius dan kadar air kritis).

Pelatihan Evaluasi Sensori Produk Pangan
Pelatihan ini evaluasi sensori ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan latihan praktek kepada praktisi, khususnya yang bekerja di bidang pengembangan produk pangan dan quality control, di industri pangan tentang penting penguasaan uji sensori di dalam pengembangan produk pangan baru dan pengendalian mutu produk selama proses. Materi pelatihan mencakup prinsip pengujian sensori, jenis-jenis uji sensori, penyiapan panelis dan sampel untuk uji sensori, dan pengolahan data uji sensori.

Manajemen Pengembangan Produk Pangan Baru
Pelatihan manajemen pengembangan produk pangan baru ditujukan untuk memberikan pengetahuan tentang konsep pengembangan produk pangan mulai dari tahapan pengembangan idea, pembuatan protocept dan prototipe produk, penggandaan skala, uji coba produksi, uji konsumen dan pasar, dan product launching. Pelatihan juga mencakup faktor-faktor penting untuk suksesnya pengembangan produk pangan berdasarkan pengalaman praktisi dari industri pangan.

Pelatihan HACCP Berbasis ISO 22000
Pelatihan ini memberikan pengetahuan komprehensif kepada peserta tentang sistem HACCP berdasarkan ISO 22000. Materi juga mencakup program prasyarat untuk penerapan HACCP (Good Manufacturing Practices, sanitasi dan SSOP), serta tahapan-tahapan dalam pengembangan system HACCP.