Beranda
Berita
Fasilitas Pendidikan

Fasilitas Pendidikan

Prasarana kegiatan akademik terdiri dari ruang kuliah umum, ruang ujian, ruang seminar, ruang komputer, perpustakaan, laboratorium, dan ruang administrasi. Semua prasarana ini digunakan bersama untuk semua program studi dan Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Sarana yang dimiliki meliputi sarana untuk kegiatan perkuliahan dan peralatan untuk kegiatan penelitian. Departemen ITP juga didukung oleh perpustakaan pusat dan ruang kelas.

Ruang Perkuliahan dan Administrasi
Ruang kuliah yang digunakan oleh Departemen ITP terdiri dari ruang kuliah besar dan kecil yang terdapat di Gedung Fateta dan SEAFAST Center. Di samping itu terdapat ruang sidang untuk pelaksanaan ujian akhir sarjana yang terdapat di Sekretariat Departemen ITP dan SEAFAST Center. Ruang kuliah umum juga tersedia gedung CCR, terutama gunakan untuk mahasiswa Tingkat I. Prasarana penunjang yang tersedia di antaranya ruang Unit Pelayanan Terpadu Departemen (UPTD), ruang pelayanan administrasi akademik, dan koridor fakultas.  

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan sarana fisik terutama untuk pelaksanaan proses pembelajaran, mahasiswa Departemen ITP dapat memanfaatkan semua fasilitas fisik milik Departemen ITP, termasuk didalamnya akses internet gratis dan penggunaan laboratorium. Mahasiswa juga dapat menggunakan ruang dan fasilitas fisik lain yang dikelola oleh SEAFAST Center. Seluruh fasilitas fisik tersebut berada di dalam lingkungan Kampus IPB Darmaga.

Ruang kelas yang digunakan oleh mahasiswa Departemen ITP mampu menampung seluruh peserta mata kuliah dan memungkinkan adanya interaksi yang dinamis antara dosen dan mahasiswa. Dengan demikian, suasana belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan dan mendorong semangat untuk tetap berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Perpustakaan
Gedung perpustakaan Pusat IPB terletak sekitar 200 m dari ruang perkuliahan PS Departemen ITP sehingga memudahkan bagi para mahasiswa dan dosen untuk mencapainya. Gedung ini terdiri dari dua lantai dengan kapasitas 200 orang. Ruangan terdiri dari ruang baca buku, ruang laporan ilmiah, ruang referensi, serta ruang tesis, disertasi dan jurnal. Jam pelayanan di Perpustakaan Pusat IPB sangat memadai yaitu dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 21.00. Penelusuran pustaka di perpustakaan Pusat dapat dilakukan melalui komputer.

Perpustakaan utama yang mendukung Departemen ITP adalah Perpustakaan Pusat dan Pusat Informasi Teknologi Pertanian (PITP) FATETA-IPB. PITP memiliki pustaka bidang pangan yang sangat lengkap dan mutakhir mencakup bidang Kimia Pangan, Mikrobiologi Pangan dan Bioteknologi Pangan, Rekayasa dan Proses Pangan, serta Biokimia Pangan dalam bentuk buku teks, e-book, jurnal nasinal, jurnal internasional (online), prosiding, disertasi dan bahan pustaka lain.

Adanya teknologi WI-FI (wireless technology) memungkinkan akses internet dilakukan dimana pun di sekitar kampus IPB Darmaga. Jurnal dan buku on line dapat diakses melalui website http://perpustakaan.ipb.ac.id/ yang dapat diakses melalui jaringan intranet IPB. Terdapat empat jurnal online yang dapat diakses setiap waktu yaitu ProQuest, ScienceDirect, Infotract dan EBSCO yang menyediakan informasi terbaru dalam bentuk penelitian dan review ilmiah sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa dalam melengkapi kajian pustaka baik untuk keperluan penyelesaian tugas dalam perkuliahan dan penelitian disertasi yang dilakukan. Fasilitas lain yang tersedia adalah digital collection yang terdiri dari (1) IPB Scientific Repository Digital collection yang berisi koleksi digital skripsi, thesis dan disertasi; (2) IPB Electronic Journal Digital collection of journal, (3) IPB-ana Digital Collection: artikel, Proceeding, laporan penelitian, dll.

Laboratorium
Departemen ITP terutama memanfaatkan laboratorium yang berada di bawah Departemen ITP dan SEAFAST Center. Laboratorium yang terdapat di Departemen ITP meliputi laboratorium penelitian Kimia Pangan, Biokimia Pangan, Rekayasa Proses Pangan, dan Mikrobiologi Pangan, dengan kapasitas maksimum masing-masing 10 orang, ruang Instrumen dengan kapasitas 10 orang, serta 4 buah laboratorium bersama dengan kapasitas 30 orang.

SEAFAST Center Laboratorium diantaranya adalah laboratorium hewan, laboratorium uji sensori, laboratorium kimia, laboratorium mikrobiologi, laboratorium bioteknologi, pilot plant minyak dan lemak, dan pilot plant pengolahan pangan. Laboratorium SEAFAST Center yang berada di Gedung PAU yaitu laboratorium Mutu dan Keamanan Pangan-1, laboratorium Mutu dan Keamanan Pangan-2, laboratorium Pengembangan Produk dan Proses Pangan, serta Pilot Plant. Masing-masing laboratorium tersebut memiliki kapasitas sekitar 20-30 orang. Laboratorium di Departemen ITP digunakan untuk mahasiswa sarjana maupun pascasarjana.

Selama ini laboratorium dan fasilitasnya yang ada (instrumen, bahan kimia, peralatan gelas dan staf pegawai) dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan pelaksanaan program pendidikan pascasarjana (praktikum dan penelitian). Laboratorium lain yang mendukung penelitian mahasiswa pascasarjana adalah Technopark, FATETA, IPB dengan lini produksi yang dimilikinya terutama lini produksi beras analog menggunakan teknologi ekstrusi, lini produksi minyak dan lemak, lini produksi pati, lini produksi tahu, dan lain-lain.

Beberapa peralatan analisis penting yang mendukung praktikum dan penelitian mahasiswa di departemen itp dan seafast center adalah sebagai berikut: HPLC, GC, GCMS, FTIR, elektroforesis, Real-PCR, ultrafiltrasi, spektrofotometer UV-Vis, DCC, RVA, mikroskop polarisasi, mikroskop fluoresen, rancimat, gel tester, texture analyzer TA-XT, viscometer, Brabender Amylograph, Farinograph, dan Extensograph. Beberapa unit pengolahan yang tersedia adalah fermentor, unit pengalengan, unit pengeringan (spray drier/ spray chiller, freeze drier, fluidized bed drier, drum drier, tunnel drier, cabinet drier), supercritical fluid extraction, unit pengolahan bakeri, unit pasteurisasi sari buah, unit penggorengan vakum, unit pengolahan daging, unit pengolahan mie, unit pengolahan produk exstruksi, dan unit pengolahan tempe.

Fasilitas Komputer dan Pendukung Pembelajaran dan Penelitian
Departemen ITP menyediakan peralatan komputer yang aktif mendukung kegiatan pengajaran dan penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Laboratorium komputer Departemen ITP tergabung dalam jaringan IPBnet dengan menggunakan teknologi LAN berupa Fast/Giga Ethernet w/ speed 10/100/1000 Mbps, Optical Fiber, Wireless Access Point. Koneksi internet menggunakan dedicated line dengan kecepatan 10 Mbps. Terdapat 30 buah komputer, sebuah scanner dan 3 server dengan program Windows dan program-program lainnya seperti program statistik, mikrobiologi, dan database, serta tiga buah printer dan sebuah external drive CD-ROM.

Selain di laboratorium komputer Departemen ITP, mahasiswa juga bisa mengakses internet melalui Wireless Access Point (WAP) yang tersedia di beberapa tempat seperti Ruang Sidang ITP, Ruang Sekretariat Departemen ITP, Ruang Perpustakaan Pusat, dan cyber mahasiswa pasca sarjana. Adanya fasilitas WAP yang on line 24 jam memudahkan dosen dan mahasiswa mengakses informasi dengan baik.

Untuk fasilitas ibadah tersedia masjid yang terletak di area kampus Darmaga dan mushala. Semua mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan seperti poliklinik IPB secara gratis dengan pelayanan dokter umum dan dokter gigi. Poliklinik ini terletak sekitar 500 m dari Gedung Fateta dan memberikan pelayanan dari jam 8.00 sampai jam 15.30. Setiap setahun sekali, diadakan kegiatan pemeriksaan kanker dini (paps-mear) yang dapat diikuti oleh dosen, pegawai dan mahasiswa pascasarjana. Poliklinik IPB telah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit rujukan di daerah Bogor sehingga mahasiswa Departemen ITP dapat memperoleh penggantian rawat inap atau rawat jalan melalui prosedur yang telah ditetapkan. Selain itu juga terdapat fasilitas mobil ambulance yang dapat digunakan untuk membawa pasien dalam keadaan darurat.

Graha Widya Wisuda IPB adalah gedung serba guna yang biasanya digunakan untuk tempat pelantikan wisudawan. Berbagai fasilitas olahraga dapat digunakan oleh semua civitas akademika, yaitu di Gedung Olah Raga (GOR) dan Gymnasium. Gedung ini terletak tidak jauh dari Gedung Fateta, dapat dicapai dengan berjalan kaki. Fasilitas olahraga yang tersedia antara lain voli, basket, sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, atletik, beberapa jenis olahraga bela diri, futsal, panahan, dan lain-lain.

Berbagai fasilitas lain yang menyangkut pelayanan untuk kesejahteraan mahasiswa adalah kafetaria, bank, warpostel, dan toko buku telah tersedia di lingkungan Kampus IPB Darmaga. Untuk mendukung terlaksananya misi dan tercapainya tujuan program studi maka pemanfaatan dan pengelolaan berbagai fasilitas tersebut juga menjadi perhatian Departemen ITP.