Beranda
Berita
Doktor Ilmu Pangan

Doktor Ilmu Pangan

Pendidikan / Program / Learning Outcomes / Kurikulum / Sinopsis Matakuliah / E-Learning

Program Doktor Ilmu Pangan dirancang bagi mahasiswa yang ingin mendalami disiplin ilmu pangan. Ilmu pangan didefinisikan sebagai ilmu yang menerapkan dasar-dasar biologi, kimia, fisik dan prinsip-prinsip keteknikan untuk mengubah produk pertanian mentah menjadi makanan olahan yang cocok untuk konsumsi manusia; mempelajari sifat-sifat bahan pangan, penyebab penurunan mutu pangan, dan prinsip-prinsip yang mendasari suatu pengolahan pangan, serta peningkatan mutu dan keamanan pangan untuk konsumsi masyarakat.

Program Studi Doktor Ilmu pangan Institut Pertanian Bogor didukung oleh 43 Staf Pengajar bergelar PhD dari berbagai universitas terkemuka di Amerika Serikat, Perancis, Jepang, Australia, Belanda, Jerman, Inggris Taiwan dan dari IPB. Dari 43 Staf pengajar, 17 di antaranya bergelar Profesor. Dengan pengajar yang kompeten dan berkualitas Program Studi Doktor Ilmu Pangan memiliki komitmen yang tinggi untuk terus meningkatkan kualitas lulusan dan layanannya.

Visi dan Misi
Menjadi program studi pascasarjana bertaraf internasional serta penentu kecenderungan (trendsetter) dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan sumber daya manusia berkompetensi tinggi di bidang ilmu pangan berbasiskan pertanian tropika.

Program Studi Ilmu Pangan telah menetapkan tiga (3) misi Program Doktor Ilmu Pangan sebagai berikut: :

  1. Mengembangkan pendidikan program Doktor bidang ilmu pangan yang berkualitas secara efektif dan efisien.
  2. Mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang mandiri, kompeten, berwawasan luas dan bertaraf internasional.
  3. Mengembangkan, menciptakan dan mengomunikasikan pengetahuan baru berdasarkan teori-teori dasar ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kimia, mikrobiologi dan bioteknologi, rekayasa proses dan biokimia pangan melalui penelitian berbasiskan pertanian tropika.

Tujuan
Program Doktor Ilmu Pangan bertujuan untuk :

  1. Menghasilkan ilmuwan pangan yang berkompetensi tinggi dan kompetitif baik di tingkat nasional maupun internasional di bidang ilmu pangan, terutama dalam mengembangkan dan memutakhirkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pangan berbasiskan sumberdaya lokal, serta dalam menganalisis dan memecahkan masalah di bidang pangan berbasiskan kondisi tropika.
  2. Menyelenggarakan Program Doktor ilmu pangan yang efektif dan efisien.
  3. Menghasilkan, menyebarluaskan serta mengupayakan penerapan temuan penelitian dalam mengembangkan bidang ilmu pangan berbasiskan kondisi tropika, guna mendukung industrialisasi dan globalisasi dalam rangka mencapai masyarakat sejahtera.
  4. Meningkatkan jejaring nasional dan internasional di bidang pangan.

Spesialisasi
Mahasiswa Program Doktor Ilmu Pangan dapat dapat memilih spesialisasi di bidang kimia pangan, mikrobiologi pangan, rekayasa proses pangan dan biokimia pangan.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan Doktor Ilmu Pangan telah memenuhi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia(KKNI) level 9 yang meliputi kompetensi di kemampuan/keahlian teknis, bidang pengetahuan, dan kemampuan manajerial. Lulusan Program Doktor Ilmu Pangan dirancang untuk memiliki kompetensi dalam menciptakan pengetahuan baru berdasarkan teori-teori dasar bidang kimia pangan, mikrobiologi pangan, rekayasa proses pangan atau biokimia pangan melalui penelitian berbasiskan sumber daya lokal.

Penelitian, Disertasi dan Publikasi Ilmiah
Sebagai persyaratan kelulusan, mahasiswa Doktor diwajibkan untuk menyelesaikan penelitian, menulis Disertasi dan mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional. Topik penelitian Disertasi untuk Program Doktor harus disetujui oleh ketua dan anggota komisi pembimbing. Penelitian dan persiapan Disertasi mahasiswa Ilmu Pangan berada dibawah arahan komisi pembimbing. Untuk meraih gelar Doktor mahasiswa diwajibkan memiliki minimum 24 SKS Disertasi  (SK Mendikbud Nomor 212/U/1999).

Kesempatan Beasiswa
Ada berbagai skema beasiswa baik dari pemerintah maupun perusahaan swasta yang dapat diajukan oleh mahasiswa. Beasiswa biasanya diberikan secara kompetitif dan memerlukan prestasi akademik yang unggul. Dukungan penelitian terutama diperoleh dari lembaga-lembaga pemerintah sebagai skema hibah kompetitif, hibah penelitian kompetitif, skema hibah Pascasarjana, skema hibah penelitian dari Departemen Pendidikan Nasional, skema riset insentif dari kementerian Riset dan Teknologi dan lain – lain. Beberapa lembaga juga menawarkan beasiswa, seperti Toyota Astra Foundation, Bung Hatta Foundation, Toray Fondation, Kalbe Farma, IFS, Ford Foundation dan lain-lain. Dukungan penelitian lain diberikan kepada mahasiswa Magister dan Doktor Ilmu Pangan yang melakukan proyek penelitian yang bernilai bagi organisasi dan industri. Informasi tambahan tentang beasiswa dapat dilihat di website Sekolah Pascasarjana IPB.

Persyaratan Pelamar
Program Magister dan Doktor Ilmu Pangan terbuka untuk calon pelamar dari dalam dan luar negeri seperti peneliti, dosen, professional di industri pangan dengan latar belakang ilmu pengetahuan alam.

Informasi Lebih Lanjut

  • Sekolah Pascasarjana IPB, Gedung Andi Hakim Nasution Lantai 5, Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680, Telepon :62-251-8622640, Fax.62-251-8622986.
  • Prof.Dr. Ratih Dewanti-Hariyadi, Ketua Program Studi Ilmu Pangan, Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB. Kampus IPB Dramaga, PO BOX 220 Bogor. Telepon/ faks : 0251-8620517. Email : ipn_spsipb@yahoo.com.