Beranda
Berita
Focus Group Discussion (FGD)

Focus Group Discussion (FGD)

Meneropong Teknologi Pangan di Pertengahan Abad 21

Teknologi pangan terus berkembang seiring dinamika bidang keilmuan lain dan perubahan tuntutan konsumen. Proyeksi perkembangan teknologi pangan dalam tiga dekade kedepan perlu perhatikan untuk memastikan proses pendidikan teknologi pangan menghasilkan lulusan yang sejalan dan selaras dan kebutuhan pengguna. 
Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB bekerjasama dengan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia meyelenggarakn FGD dengan tema “Meneropong Teknologi Pangan di Pertengahan Abad 21”. Narasumber pada FGD yang berasal dari Industri Pangan (Ir. Mukhlis Bahrainy, CEO Pachira group), Dr. Rina Agustina (Fakultas Kedokteran UI) dan Prof Renanto Handogo (Fakultasa Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem, Teknik Kimia ITS) memberikan pandangan mereka prospek perkembangan teknologi pandan dari sudut pandang pelaku industri, ilmu gizi dan Kesehatan, serta keteknikan.
Teknologi pangan dimasa depan dituntut untuk mampu menghasilkan produk pangan yang baik untuk kesehatan dan tetap memberikan cita rasa yang disukai oleh konsumen. Dimasa yang akan datang kebutuhan diet setiap kelompok konsumen akan semakin bervariasi dan juga  kebutuhan gizi setiap yang semakin personalized. Disisin yang lain, perkembangan keteknikan telah membuka peluang untuk menciptakan satu alat yang mampu melaksanakan berbagai unit operasi sekaligus dengan desain yang kompak dan kebutuhan energi yang kecil. Oleh karena itu, produksi pangan yang aman dan bermutu dalam skala yang lebih kecil dan mungkin skala rumah tangga adalah sebuah keniscayaan di masa depan. Jika saat ini industri pangan lebih banyak memproduksi pangan secara masal maka tiga dekade ke depan industri pangan dituntut untuk menciptakan ingredien pangan atau produk setengah jadi yang bisa diolah oleh setiap individu secara praktis dalam skala yang kecil sesuai kebutuhan konsumen. Apabila hal tersebut benar terjadi, maka Pendidikan teknologi pangan perlu melakukan berbagai penyesuaian kurikulum dan proses Pendidikan.

Materi FGD dapat di download ipb.link/materi-fgd2020