Home
News
Student Scholarship

Student Scholarship

Program Beasiswa Pendidikan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dikembangkan untuk membuka kesempatan kepada masyarakat (perseorangan, perusahaan dan alumni) untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan melalui bantuan dana pendidikan kepada mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan IPB. Beasiswa dapat diberikan kepada mahasiswa yang memerlukan bantuan dana pendidikan atau sebagai penghargaan bagi yang berprestasi di bidang akademik dan non-akademik. Ada empat (4) jenis beasiswa yang dikembangkan sebagai berikut:

Beasiswa Pendidikan Angkatan

Beasiswa Pendidikan Angkatan (BPA) merupakan beasiswa dari Alumni Teknologi Pangan per angkatan untuk membantu mahasiswa yang menghadapi masalah ekonomi, khususnya untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) di setiap semester. BPA tidak ditujukan kepada mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Calon mahasiswa penerima BPA diseleksi oleh Komite Beasiswa Departemen dan akan ditawarkan kepada alumni untuk dapat dibantu.

Alumni di setiap angkatan dapat menjadi donatur tetap bagi satu orang mahasiswa hingga mahasiswa tersebut lulus. Bantuan pembayaran UKT dapat diberikan sepenuhnya atau sebagian, yang disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa dan donatur. Dana BA dari donatur dikelola sendiri oleh masing-masing angkatan dan disalurkan setiap semester melalui rekening beasiswa departemen pada periode pembayaran UKT.

Beasiswa Pendidikan Penghargaan Akademik

Beasiswa Pendidikan Penghargaan Akademik (BPPA) diberikan kepada mahasiswa sebagai penghargaan atas prestasi akademiknya. BPA diberikan kepada satu orang mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi pada setiap periode wisuda, yaitu sebesar 3 juta rupiah (acara wisuda diselenggarakan 6-7 kali per tahun). Donatur BPPA dapat berasal dari masyarakat, baik perusahaan maupun perseorangan. Calon mahasiswa penerima BPPA diseleksi oleh Komite Beasiswa Departemen. Pengumpulan dan penyaluran dana beasiswa dari donatur melalui rekening beasiswa Departemen ITP (tidak ada periode waktu).

Beasiswa Pendidikan Penghargaan Non-akademik

Beasiswa Pendidikan Penghargaan Non-akademik (BPPN) diberikan kepada mahasiswa sebagai penghargaan atas prestasi non-akademiknya. BPPN diberikan kepada satu orang mahasiswa yang memiliki skor transkrip ekstra-kurikuler tertinggi di setiap periode wisuda, yaitu sebesar 2 juta rupiah (acara wisuda diselenggarakan 6-7 kali per tahun). Dana BPPN dapat berasal dari masyarakat (perusahaan atau perseorangan). Calon mahasiswa penerima BPPN diseleksi oleh Komite Beasiswa Departemen. Pengumpulan dan penyaluran dana beasiswa melalui rekening beasiswa Departemen ITP (tidak ada periode waktu).

Beasiswa juga dapat diberikan dalam bentuk bantuan sponsorship kepada mahasiswa (perseorangan atau kelompok) dalam mengikuti kompetisi teknologi pangan tingkat internasional, seperti “Developing Solution for Developing Solution” (DSDC) yang diselenggarakan oleh Institute of Food Technologists (IFT) Amerika Serikat.

Beasiswa Bantuan Penelitian

Beasiswa Bantuan Penelitian (BBP) diberikan untuk membantu mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan Penelitian Tugas Akhir. BBP dapat diberikan oleh perusahaan atau perseorangan. Besaran dana dan calon mahasiswa penerima beasiswa disesuaikan dengan kriteria yang disepakati dengan calon donatur. Penyaluran dana beasiswa kepada mahasiswa melalui rekening beasiswa Departemen ITP.

Informasi Program Beasiswa Pendidikan Departemen ITP

Bagi yang berminat menjadi donatur dalam Program Beasiswa Pendidikan Departemen ITP dapat menghubungi Sekretaris Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (Dr. Dede R Adawiyah), Telepon: 62-251-8626725.