Home
News
Mahasiswa ITP Juara DSDC di Chicago, Amerika Serikat

Mahasiswa ITP Juara DSDC di Chicago, Amerika Serikat

Tim mahasiswa Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Fateta-IPB berhasil meraih gelar Juara II dan Honorable Mention dalam kompetisi Developing Solutions for Developing Countries (DSDC) yang diadakan oleh Institute Food Technologist Student Association (IFTSA) pada tanggal 15-18 Juli 2018 di Chicago, Amerika Serikat.

Kemenangan tersebut menjadi bukti bahwa IPB mampu meneruskan tradisi juara yang telah dicapai pada tahun sebelumnya (juara II dan juara III).

Kompetisi DSDC merupakan salah satu rangkaian kegiatan IFT EXPO 2018 yang diadakan untuk mahasiswa S1-S3 dari seluruh dunia. IFT sendiri merupakan organisasi profesi internasional bertempat di Amerika Serikat yang beranggotakan praktisi ilmu dan teknologi pangan, pengusaha dan pemerintah yang berasal dari seluruh dunia.

Kompetisi DSDC mendorong mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan teknologi pangan melalui pengembangan produk tepat guna yang layak dterapkan dari segi sosial-ekonomi dalam skala industri. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara berkembang.

Tema yang diangkat pada tahun ini adalah solusi mengatasi food insecurity dan malnutrisi di daerah sub-saharan Afrika akibat dampak kekeringan selama dua tahun beruturut-turut.

Sebanyak 61 proposal (rekor jumlah proposal terbanyak) dari 11 negara terdaftar pada seleksi tahap awal, hingga terpilih 6 tim pada tahap final. Tim terpilih diundang untuk hadir dalam rangkaian sesi presentasi oral di gedung McCormmick Place, Chicago, Amerika Serikat. Keenam tim tersebut terdiri atas 3 tim Indonesia, 2 tim Kanada dan satu tim Amerika serikat dengan rincian:

a. Team Chikolo - Bogor Agricultural University (IPB-Indonesia): Ariane Putri Dewanto, Naurah Nazhifah, Nurhadi Rahmat Sumitra

b. Team Regali - Bogor Agricultural University (IPB-Indonesia): Ica Candra Rambadiana, Rakhmad Novian, Muhammad Arfanul Aziz

c. Team Global Gryphons - University of Guelph (Kanada)

d. Team McFoodies - McGill University (Kanada)

e. Team TaMuCo - Surabaya University (Indonesia)

f. Team Tamuuji - Washington State University (Amerika Serikat)

Ajang final tersebut menghadirkan sejumlah juri dari berbagai bidang yakni:
a) Diliara Iassonova, PhD (Innovation Director Cargill Foods)
b) Siow Ying Tan, PhD (External Innovation – Academic Partners Global Lead Pepsico)
c) Upasna Hariram, MS (Research Project Leader at Merieux Nutrisciences)
d) Kartheek Anekella, PhD (Product Development Scientist – Leprino Foods)
e) Shima Shayanfar, PhD (Stability Scientist – General Mills)
f) Gunnar Sigge, PhD (Department Head and Associate Professor, Food Science Dept. Stellenbosch University South Africa)
g) Erin Wang, MS (Senior Scientist, R&D Treats Blue Buffalo)
h) Janice Johnson, PhD (Applications/Technical Service Leader at Cargill Foods)

Ajang final menilai sejumlah aspek yakni, full proposal, oral presentation dan discussion. Hingga akhirnya terpilih 3 tim yang menjuarai DSDC tahun 2018 yakni:

1. Team Tamuuji, Washington State University (Amerika Serikat)

2. Team Regali, Bogor Agricultural University (Indonesia)

3. Team Global Gryphons, University of Guelph (Kanada)

Selamat kepada kedua Tim IPB yang telah mengukir prestasi internasional dan membawa harum nama IPB dan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan di kancah internasional. Terima kasih kepada para dosen pembimbing (Dr. Nancy Dewi Yuliana, Dr. Azis Boing Sitanggang, Dr. Nugraha E Suyatma, Dr. Feri Kusnandar, dan Dr. Puspo Edi Giriwono) dan seluruh dosen di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan yang telah mendukung kedua tim. Terima kasih juga kepada para sponsor yang mendukung Tim IPB untuk berangkat ke Chicago (Ditmawa IPB, PT Kalbe Nutritionals (Sanghiang Perkasa) dan PT Bogor Labs).

Tags: